Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru SMP MGMP Bahasa Indonesia Kota Tasikmalaya

Penulis

  • Iis Lisnawati Universitas Siliwangi
  • Titin Setiartin R Universitas Siliwangi
  • Welly Nores K. Universitas Siliwangi
  • Laely Armiyati Universitas Siliwangi
  • Andini Primadani Putri Universitas Siliwangi
  • Elsi Universitas Siliwangi
  • Resti Andriyansyah Universitas Siliwangi
  • Khoerul Fikri Habibi Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.56921/cpkm.v2i2.146

Kata Kunci:

Kurikulum Merdeka, Capaian Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, Modul Ajar

Abstrak

Kurikulum Merdeka akan dilaksanakan secara serentak di jenjang pendidikan menengah pada tahun 2024. Bahkan di tingkat SMP, khusus kelas VII, pada tahun ajaran 2023/2024 Kurikulum Merdeka sudah diberlakukan. Implementasi Kurikulum Merdeka memerlukan pemahaman dan kesiapan guru tentang Kurikulum Merdeka dengan berbagai komponen dan aplikasinya. Kondisi realistis di lapangan menunjukkan bahwa guru SMP belum memahami secara utuh tentang Kurikulum Merdeka, khususnya tentang Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, dan Modul Ajar serta modifikasinya. Tujuan kegiatan pengabdian adalah untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman para guru tentang Kurikulum Merdeka dan menghasilkan perangkat pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendampingan pelatihan dalam bentuk workshop. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para guru telah memahami konsep Kurikulum Merdeka, khususnya Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, dan Modul Ajar serta aplikasinya. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil kerja para guru dalam mengejawantahkan konsep tersebut dalam Alur Tujuan pembelajaran dan Modul Ajar sebagai rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan.  Dengan kata lain, para guru SMP di MGMP Bahasa Indonesia Kota Tasikmalaya telah siap mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Biografi Penulis

Titin Setiartin R, Universitas Siliwangi

Titin Setiartin adalah Dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Indnesia, Fakulats Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi

Welly Nores K., Universitas Siliwangi

Welly Nores Kartadireja adalah dosen di Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi

Laely Armiyati, Universitas Siliwangi

Laely Armiyati adalah dosen Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,  Universitas Siliwangi 

Referensi

Anggraena, Yogi, dkk. (2022). Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, BSKAP Kemendikbudristek RI.

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I4.3149

BNSP. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Badan Standar Nasional Pendidikan.

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek No. 009/H/KR/2022 tentang Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka, (2022).

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.

https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/392/306

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2023

Cara Mengutip

Lisnawati, I., Setiartin R, T., Nores K., W., Armiyati, L., Putri, A. P., Elsi, Andriyansyah, R., & Habibi, K. F. (2023). Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru SMP MGMP Bahasa Indonesia Kota Tasikmalaya. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 73–80. https://doi.org/10.56921/cpkm.v2i2.146