Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran di Kelas Rendah Bagi Guru SD-IK As-Sunnah Aceh Tengah
DOI:
https://doi.org/10.56921/cpkm.v2i2.148Kata Kunci:
Pelatihan, Kelas Rendah, Karakteristik Siswa, Media PembelajaranAbstrak
Pelatihan ini dilatarbelakangi dengan guru yang terdapat di SDIK As-Sunnah Aceh Tengah, kebanyakan dari mereka kewalahan menyiapkan media pembelajaran yang efektif di kelas rendah, karena sama kita ketahui siswa yang masih berada di kelas rendah cepat merasa bosan dalam belajar, jika pembelajaran yang disajikan oleh guru kurang menarik bagi mereka. Maka tujuan dari pelatihan ini yaitu, memberikan sebuah pelatihan yang membekali guru dalam membuat media pembelajaran yang efektif bagi siswa sekolah dasar yang berada di kelas rendah. Pada pelatihan yang diberikan penulis menggunakan metode Service Learning, yang mana memiliki 3 tahap yakni: tahap persiapan, pelayanan, dan tahap refleksi. Hasil pelatihan ini dapat disimpulkan dengan adanya sebuah pemahaman dan bekal bagi guru dalam mengenal karakteristik siswa, akan memudahkan guru dalam menyediakan media pembelajaran yang efektif bagi siswa sekolah dasar yang masih berada di kelas rendah.
Referensi
Ahmad, F., & Mustika, D. (2021). Problematika Guru dalam Menerapkan Media pada Pembelajaran Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. https://www.google.co.id/books/edition/Media_Pembelajaran_Efektif/pBgJEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=video+pembelajaran&pg=PA166&printsec=frontcover
Berliana, A. U., Mailizar, Faiza, & Leonard. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android melalui Model Pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, dan Menyenangkan). JIDR (Journal of Instructional Development Research), 2(2), 57–68. https://eduresearch.web.id/index.php/jidr/article/view/14
Fajri, Z., Afrida, N. L., Nitasari, R. F., Zulfikar, F., & Habibullah. (2023). Pendampingan Siswa Kelas 1 dalam Mamahami Penjumlahan dan Pengurangan Matematika Berbantuan Benda Konkrit di MI Mambaul Falah. Community Development Journal, 4(4), 7729–7237.
Fitria, Azima, M. F., & Indera. (2019). Pengembangan dan Pelatihan Media Pembelajaran Bagi Guru SD IT di Bandar Lampung. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 1(2), 48–52.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Munisah, E. (2020). Pengelolalan Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Elsa, 18(1), 24–32.
Ritonga, F. U., & Dilena, H. (2022). Penerapan Metode Belajar Sambil Bermain Guna Memenuhi Kebutuhan Pengembangan Diri Anak. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora, 1(1), 30–35. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v1i1.487
Rizal, S. U., Maharani, I. N., Ramadhan, M. N., Rizqiawan, D. W., & Abdurachman, J. (2016). Media Pembelajaran. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/4310/1/Ebook Media Pembelajaran.pdf
Rizqia, H., & Dedi, S. S. (2016). Pengaruh Pelatihan, Kemampuan, dan Pengalaman Terhadap Kinerja Internal Auditor (Studi Kasus pada unit internal audit PT Telekomunikasi Indonesia,Tbk). Jurnal Ilmiah Magister Managemen UNIKOM, 2(1), 43–62.
Rosarian, A. W., & Dirgantoro, K. P. S. (2020). Upaya Guru Dalam Membangun Interaksi Siswa Melalui Metode Belajar Sambil Bermain. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 146–163.
Sari, I. N., & Fita Heriyawati, D. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Komunitas Guru Sekolah Dasar Melalui Service Learning Approach di Kecamatan Sukun Kota Malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 04(02), 563–573. http://engagement.fkdp.or.id/index.php/engagement/article/view/24.
Sari, W. N., Murtono, & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Tambahmulyo 1. JJIP (Jurnal Inovasi Penelitian), 1(11), 2225–2262.
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun: JUrnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 7–17.
Swihadayani, N. (2023). Karateritik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Sosial Dan Teknologi (SOSTECH), 3(6), 488–493.
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah
Dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nurjani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.