Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka melalui Model PjBL pada Guru MGMP SMA se-Kota Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i1.158Kata Kunci:
Kurikulum Merdeka, PjBL, guru MGMPAbstrak
Kegiatan pelaksanaan Pengabdian bagi Masyarakat Skema Program Unggulan Program Studi (PbM-PUPS) oleh jurusan Pendidikan matematika terhadap MGMP Matematika SMA yang diimplementasikan dalam bentuk “Workshop: Pengembangan Perangkat pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka Melalui Model PJBL pada Guru MGMP Matematika SMA Se-Kota Tasikmalaya”. Metode yang digunakan adalah metode ceramah yang membahas perubahan atau perkembangan kurikulum merdeka, dan membicarakan bagaimana mengimplementasikan kurikulum tersebut dengan baik dan efektif dalam pembelajaran matematika di kelas. Workshop ini memberikan manfaat dan kemudahan bagi guru dalam menyusun bahan ajar, LKPD, dan alat evaluasi yang akan digunakan dalam pembelajaran, memberi kesempatan kepada guru-guru matematika untuk berkumpul, berdiskusi, dan berbagi pengalaman serta pengetahuan mereka dalam mengajar matematika dan membahas perubahan atau perkembangan kurikulum merdeka, dan membicarakan bagaimana mengimplementasikan kurikulum tersebut dengan baik dan efektif dalam pembelajaran matematika di kelas.
Referensi
Diarini, at al. (2022). Pengembangan project Based Teaching Module Mata Pelajaran dasar-Dasar Kuliner di SMK Pariwisata Dwi Tunggal. Prosiding SINTESA. Vol. 5. Tahun 2022.
Hanafiah Nanang & Suhana Cucu. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Kompasiana. (2021). Perkembangan Metode Pembelajaran di Indonesia. https://www.kompasiana.com/jessen/615425526194d97e4220f552/perkembangan%20-metode-pembelajaran-di-indonesia.
Maryono, at al. (2023). Pelatihan pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Lingkungan dan Kebutuhan Belajar Siswa di SD Swasta Muhammadiyah Kuala Tungkal. Jurnal of Human and Education. Vol 3, No. 2, tahun 2023, pp. 139-144.
Permendikbud. 2014. Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Permendikbud Nomor 103 tahun 2014.
Kementrerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi. (2020) Serba Serbi kurikulum Merdeka. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/download/2022/v3%20Buku%20Saku%20Kurikulum%20Merdeka_compressed.pdf
Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi. Perbedaan Modul Ajar, Bahan Ajar, dan Modul projek. (2022). https://pusatinformasi.kolaborasi.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/5010165576089-Perbedaan-Modul-Ajar-Bahan-Ajar-dan-Modul-Projek.
Saefu, et al. (2022). Analisis Modul Ajar berbasis Pendidikan karakter. Seminar Nasional, pascasarjana S3 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Jakarta. Desember 2022.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno, at al. (2023) Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Pengembangan Modul Ajar. Jurnal Obsesi. Vol. 7. No. 6 tahun 2023.
Wati, NK., Nirmayani, LH. (2023). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Berdiferensiasi pada Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Seririt Buleleng. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat. EDICEMARA. Vol. 1, No. 1, tahun 2023.
Wijaya, C. 1992. Pembaharuan dalam Pendidikan dan pengajaran. Bandung; remaja Rosda
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Vepi Apiati, Yeni Heryani, Redi Hermanto, Ipah Muzdalipah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.