Evaluasi Program Pendampingan Belajar di Luar Jam Sekolah untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa

Penulis

  • Khairatul Ulya Institut Agama Islam Negeri Langsa
  • T. Muhammad Ikhlas Institut Agama Islam Negeri Langsa
  • Alfy Muarif Institut Agama Islam Negeri Langsa
  • Miftahul Jannah Institut Agama Islam Negeri Langsa
  • Triyana Institut Agama Islam Negeri Langsa
  • Delvia Yuka Ananda Institut Agama Islam Negeri Langsa

DOI:

https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i1.168

Kata Kunci:

Literasi, Numerasi, Pendampingan Belajar

Abstrak

Kegiatan pendampingan belajar di luar jam sekolah merupakan program inisiatif yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa KKN-PPL IAIN Langsa untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VII MTsN 1 Langsa. Program ini melibatkan 10 siswa pada setiap mata pelajaran, termasuk Tahsin Alquran, Matematika, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris. Hasil evaluasi program menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman materi yang diajarkan, tercermin dari peningkatan rata-rata skor sebesar 20%. Faktor-faktor yang mendukung kesuksesan program ini antara lain penyelarasan dengan guru-guru sekolah, partisipasi siswa yang tinggi, serta dukungan fasilitas di MTsN 1 Langsa. Namun, beberapa kendala terkait keterbatasan sumber daya dan waktu pembelajaran luar jam sekolah juga diidentifikasi. Berdasarkan analisis hasil dan evaluasi menyeluruh, dapat disimpulkan bahwa program pendampingan belajar di luar jam sekolah telah memberikan kontribusi yang positif terhadap peningkatan pemahaman siswa dalam materi pelajaran.

Referensi

Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Helmi Umam, M., Andi Kambau, R., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, J., Abdul kadir, N., Junaid, S., Nur, S., Rika Dwi Ayu, P., Nurdiyanah, N., Wahid, M., & Wahyudi, J. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (S. Suwendi, A. Basir, & J. Wahyudi (eds.)). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Dispusip. (2019). Konsep Dasar Literasi. Jakarta: Universitas Terbuka.[Online] Diakses Dari …, 1–14. https://dispusip.pekanbaru.go.id/konsep-dasar-literasi/

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. http://repositori.kemdikbud.go.id/22599/1 Panduan_Penguatan_Literasi_dan_Numerasi_di_Sekolah_bf1426239f.pdf

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2022). Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban untuk Atasi Krisis Pembelajaran. Pendidikan, November, 1–4. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/kurikulum-merdeka-jadi-jawaban-untuk-atasi-krisis-pembelajaran

Norhidayah, Sari, H. N., Fitria, M., Bahruddin, M., Mutawali, A., Maskanah, Rahmah, A., & Noviawati. (2022). Kuliah Kerja Nyata (Kkn) Di Desa Sungai Namang Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara. Journal of Community Dedication, 2(2), 26–36.

Poerwanto, B. (2002). Modul Berkembang Pengetahuan Profesional Aspek Numerasi.

Warsihna, J. (2016). Improve Reading and Writing Literacy With Information and Communication Technology (ICT). Kwangsan, 4(2), 67–80.

Unduhan

Diterbitkan

31-03-2024

Cara Mengutip

Ulya, K., Ikhlas, T. M., Muarif, A., Jannah, M., Triyana, & Ananda, D. Y. (2024). Evaluasi Program Pendampingan Belajar di Luar Jam Sekolah untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 56–62. https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i1.168