Pemberdayaan Literasi Aksara Kelas dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia di MTsS Jabal Nur Paloh Lada
DOI:
https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i1.190Kata Kunci:
Literasi Aksara, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Media PembelajaranAbstrak
Pengabdian ini bertujuan meningkatkan minat literasi dalam membangun basis pengetahuan yang kuat dan membekali para siswa untuk menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks. Selama kegiatan ini, metode yang digunakan adalah metode ceramah dan simulasi media pembelajaran kepada siswa. Hasil pengabdian ini berkontribusi dalam menumbuhkan literasi aksara pada siswa sebagai fondasi awal bagi pertumbuhan intelektual dan kreativitas siswa dalam meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia. Materi yang digunakan dalam program ini mencakup berbagai jenis media, termasuk poster yang menampilkan pantun, puisi, pesan motivasi, serta alat bantu pendidikan seperti scrapbook, pop up book, dan media pembelajaran berbasis game.
Referensi
Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24
Amalia, N. F., & Yaqin, F. A. (2022). Pembelajaran Literasi pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah. Prosiding Konferensi Nasional PD-PGMI Se Indonesia Prodi PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, September, 111–122.
Asriati, M. D. P. (2019). Literasi Baca Tulis dan Kaitannya dengan Pengembangan Materi Ajar Bahasa Indonesia. Rabit : Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, 1(1), 2019. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/w78jh
Bu’ulolo, Y. (2021). Membangun Budaya Literasi di Sekolah. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 16–23. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1536
Fahrianur, Monica, R., Wawan, K., Misnawati, Nurachman. A, Veniaty, S., & Ramadhan, I. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research (JSR), 1(No.1), 102–113.
Ginting, E. S. (2020). Penguatan Literasi di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, 35–38. https://www.nfra.ac.uk/publication/FUTL06/FUTI.06.pdf
Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493
Jatnika, S. A. (2019). Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 1–6. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.18112
Mahmudi, M. R., & Hader, A. E. (2023). Pengembangan Media Pop-Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Ii Sd Negeri 308/Vi Rantau Suli. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2406–2409. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.985
Pardosi, B. Y. A., Manurung, L. M. R., & Firdarianti, R. (2021). Peran Mahasiswa Sebagai Volunteer Dalam Meningkatkan Kualitas Literasi Di Desa 3T. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 589. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.589-596.2021
Rokmana, R., Fitri, E. N., Andini, D. F., Misnawati, M., Nurachmana, A., Ramadhan, I. Y., & Veniaty, S. (2023). Peran Budaya Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 129–140. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.960
Sitanggang, V., & Ritonga, F. U. (2023). Membudayakan Literasi pada Anak di UPT SD N. 064034 melalui Program MBKM USU. Mitra Abdimas …, 3(1), 29–33.
Suryana, C., Affandi, M., & Rahman, H. (2021). Pelestarian Nilai Sipakallebi di Kampung Literasi Wesabbe. Jurnal AKRAB, 12(1), 50–59.
Tambusay, M. D. E., & Harefa, W. N. R. (2023). “MANCA” untuk Literasi yang Menyenangkan. Balai Bahasa Provinsi Sumatra Utara. https://balaibahasasumut.kemdikbud.go.id/2023/09/07/manca-untuk-literasi-yang-menyenangkan/
Widyaningrum, H. K., Pratiwi, C. P., & Listiani, I. (2021). Pelatihan Pembuatan Media 3D dengan Menggunakan Media Pop-Up Book Sebagai Bentuk Peningkatan Gerakan Literasi Baca dan Tulis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 33–37.
Zulmaulida, R., Alwi, S., Sari, M., Akmal, N., Elfiadi, Syukran, & Iqbal, M. (2023). Pelatihan Media Pembelajaran dalam Upaya Peningkatan Kreatifitas bagi Guru MI Kota Lhokseumawe. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–5. https://doi.org/10.56921/cpkm.v2i2.66
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Lina Sundana, Novi Diana, Istiqamah, Sahri Nova Yoga, Naufa Rayluna

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.