Pemberdayaan Literasi Aksara Kelas dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia di MTsS Jabal Nur Paloh Lada

Penulis

  • Lina Sundana Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe
  • Novi Diana Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe
  • Istiqamah Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe
  • Sahri Nova Yoga Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe
  • Naufa Rayluna Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i1.190

Kata Kunci:

Literasi Aksara, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Media Pembelajaran

Abstrak

Pengabdian ini bertujuan meningkatkan minat literasi dalam membangun basis pengetahuan yang kuat dan membekali para siswa untuk menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks. Selama kegiatan ini, metode yang digunakan adalah metode ceramah dan simulasi media pembelajaran kepada siswa. Hasil pengabdian ini berkontribusi dalam menumbuhkan literasi aksara pada siswa sebagai fondasi awal bagi pertumbuhan intelektual dan kreativitas siswa dalam meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia. Materi yang digunakan dalam program ini mencakup berbagai jenis media, termasuk poster yang menampilkan pantun, puisi, pesan motivasi, serta alat bantu pendidikan seperti scrapbook, pop up book, dan media pembelajaran berbasis game.

Referensi

Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24

Amalia, N. F., & Yaqin, F. A. (2022). Pembelajaran Literasi pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah. Prosiding Konferensi Nasional PD-PGMI Se Indonesia Prodi PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, September, 111–122.

Asriati, M. D. P. (2019). Literasi Baca Tulis dan Kaitannya dengan Pengembangan Materi Ajar Bahasa Indonesia. Rabit : Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, 1(1), 2019. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/w78jh

Bu’ulolo, Y. (2021). Membangun Budaya Literasi di Sekolah. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 16–23. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1536

Fahrianur, Monica, R., Wawan, K., Misnawati, Nurachman. A, Veniaty, S., & Ramadhan, I. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research (JSR), 1(No.1), 102–113.

Ginting, E. S. (2020). Penguatan Literasi di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, 35–38. https://www.nfra.ac.uk/publication/FUTL06/FUTI.06.pdf

Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493

Jatnika, S. A. (2019). Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 1–6. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.18112

Mahmudi, M. R., & Hader, A. E. (2023). Pengembangan Media Pop-Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Ii Sd Negeri 308/Vi Rantau Suli. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2406–2409. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.985

Pardosi, B. Y. A., Manurung, L. M. R., & Firdarianti, R. (2021). Peran Mahasiswa Sebagai Volunteer Dalam Meningkatkan Kualitas Literasi Di Desa 3T. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 589. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.589-596.2021

Rokmana, R., Fitri, E. N., Andini, D. F., Misnawati, M., Nurachmana, A., Ramadhan, I. Y., & Veniaty, S. (2023). Peran Budaya Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 129–140. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.960

Sitanggang, V., & Ritonga, F. U. (2023). Membudayakan Literasi pada Anak di UPT SD N. 064034 melalui Program MBKM USU. Mitra Abdimas …, 3(1), 29–33.

Suryana, C., Affandi, M., & Rahman, H. (2021). Pelestarian Nilai Sipakallebi di Kampung Literasi Wesabbe. Jurnal AKRAB, 12(1), 50–59.

Tambusay, M. D. E., & Harefa, W. N. R. (2023). “MANCA” untuk Literasi yang Menyenangkan. Balai Bahasa Provinsi Sumatra Utara. https://balaibahasasumut.kemdikbud.go.id/2023/09/07/manca-untuk-literasi-yang-menyenangkan/

Widyaningrum, H. K., Pratiwi, C. P., & Listiani, I. (2021). Pelatihan Pembuatan Media 3D dengan Menggunakan Media Pop-Up Book Sebagai Bentuk Peningkatan Gerakan Literasi Baca dan Tulis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 33–37.

Zulmaulida, R., Alwi, S., Sari, M., Akmal, N., Elfiadi, Syukran, & Iqbal, M. (2023). Pelatihan Media Pembelajaran dalam Upaya Peningkatan Kreatifitas bagi Guru MI Kota Lhokseumawe. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–5. https://doi.org/10.56921/cpkm.v2i2.66

Unduhan

Diterbitkan

31-03-2024

Cara Mengutip

Sundana, L., Diana, N., Istiqamah, Yoga, S. N., & Rayluna, N. (2024). Pemberdayaan Literasi Aksara Kelas dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia di MTsS Jabal Nur Paloh Lada. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 69–76. https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i1.190