Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah yang Layak Terbit Bagi Guru
DOI:
https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i1.191Kata Kunci:
Pelatihan, Penulisan, Artikel IlmiahAbstrak
Pengabdian ini dilakukan dilatarbelakangi oleh minimnya pengetahuan guru tentang penulisan karya ilmiah. Padahal karya ilmiah memiliki peran strategis dalam upaya pengembangan profesi guru, sehingga penting pengabdian ini dengan tujuan untuk memberikan pemahaman dan melatih keterampilan guru MGMP Matematika SMP Kota Pekanbaru tentang prinsip dan cara kerja untuk membuat artikel ilmiah yang layak terbit dan tempat untuk mempublikasikan artikel ilmiah berdasarkan hasil riset PTK. Metode pengabdian yang diterapkan adalah Community Based Reasearch (CBR). Pengabdian ini dilakukan melalui pelatihan dengan peserta dari komunitas guru, yaitu Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMP kota Pekanbaru yang terdiri dari 25 orang guru. Dari hasil pengabdian, terdapat 88% peserta termotivasi untuk menulis artikel, 64% peserta memperoleh ide sebagai cikal bakal artikel ilmiah yang akan mereka tulis, dan sebagian besar peserta pelatihan sudah mengetahui jurnal sasaran untuk menerbitkan artikel yang telah dihasilkan serta mengetahui bagaimana proses submit dan terbit.
Referensi
Affandi, A., & dkk. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. ABDIMAS UNWAHAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Unwahas, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690
Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.17977/um050v1i2p128-135
Harahap, A., & Yunita, W. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian untuk Jurnal Nasional dan Internasional Bagi Guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Bengkulu Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(2), Article 2. https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i2.20490
Lubis, S. S. W. (2017). Keterampilan Menulis Essai dalam Pembentukan Berpikir Kritis Mahasiswa Prodi PGMI UIN Ar-raniry Banda Aceh. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.22373/pjp.v6i2.3338
Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), Article 1. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/humanity/article/view/2459
Peraturan Pemrintah Nomor 19 Tahun 2005. (2005). Standar Nasional Pendidikan.
Rukminingsih, R., Novianti, H., & Rukmi, N. S. (2022). Pelatihan Penulisan Best Practice untuk Meraih Predikat Guru Berprestasi Bagi Guru SDN Tanjunggunung Peterongan. Transformasi dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.26740/jpm.v2n1.p15-20
Santoso, B. W. J., Nugroho, Y., & Parapat, D. O. A. (2020). Pendidikan dan Pelatihan Penulisan Best Practice untuk Meraih Predikat Guru Berprestasi bagi Guru SMA Negeri 1 Semarang dengan Metode Special Projects Assignments. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/panjar.v2i2.43237
Sudjana, N., & Laksamana, U. (2004). Menyusun Karya Tulis Ilmiah untuk Memperoleh Angka Kredit. Sinar Baru Algesindo.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. (2005). Guru dan Dosen.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. (2003). Sistem Pendidikan Nasional.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Depi Fitraini, Erdawati Nurdin, Hayatun Nufus, Hasanuddin
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.