Pembelajaran Sharf sebagai Dasar Memahami Al-Qur’an: Workshop Interaktif bagi Muslimah di MTMB Lhokseumawe
DOI:
https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i1.192Kata Kunci:
Al-Qur’an, Bahasa Arab, Kajian, SharfAbstrak
Al-Qur’an dan bahasa Arab merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam memperoleh pengetahuan. Maraknya kajian tentang Al-Qur’an, menjadikan sharf harus diajarkan kepada Majelis Ta’lim Muslimah Mesjid Baiturrahman. Tujuan pengabdian ini agar muslimah mampu menjelaskan perubahan fi’il bahasa Arab, dan mengidentifikasikan bentuk perubahan fi’il dalam ayat al-Qur’an. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan ceramah, diskusi dan evaluasi sebagai agenda workshop dan observasi sebagai instrumennya. Hasil yang diperoleh bahwa pengabdian ini berjalan sukses dan lancar. Hal ini menunjukkan bahwa pengetahuan tentang perubahan struktur kata kerja dapat dipelajari dan ditandai dengan ada perubahan pola pada setiap dhamir-nya, sehingga ini menjadi acuan dalam mencari fi’il pada ayat al-Qur’an dan meningkatkan ketakwaan dalam mempelajari bahasa Arab dan al-Qur’an.
Referensi
Adi, F. K., Vitriani, T., & Daqok, M. (2021). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI TPQ WONOGIRI. Al Basirah Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 1, 127–136. https://e-journal.staimaswonogiri.ac.id/index.php/albasirah
Aman, M. (2021). BAHASA ARAB DAN BAHASA AL-QUR’AN. Tadarus Tarbawy, 3(1), 300–308.
Drajat, A. (2017). Ulumul Qur’an: Pengantar Ilmu-Ilmu Al-QUr’an: Vol. Edisi Pertama. Kencana.
Fauziah, H., Dahwadin, Nurjani, Y., & Aliyah, S. (2019). PERAN ILMU SHARF DAN NAHWU TERHADAP PEMAHAMAN AL-QUR’AN SANTRI SALAFIYYAH PONDOK PESANTREN MIFTAHUL MUBTADIIN GARUT. Jurnal NARATAS, Vol. 01(No. 01), 6–11. https://doi.org/https://doi.org/10.37968/jn.v2i1.33
Hayati, U. (2022). لترقية سيطرة الطالبات على صيغ الفعل بمعهد المدينة الدينية شمس الضحى أتشيه الشمالية Chart Table فعالية استخدام. Imtiyaz: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa ARab, Vol. 6, No 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/im.v6i1.6218
Hayati, U. (2023). Implementation of Descriptive and Prescriptive Theory in Mastery of Arabic at SDIT Vinca Rosea Tahfizh International Implementation of Descriptive and Prescriptive Theory in Mastery of Arabic at SDIT Vinca Rosea Tahfizh International Implementasi Teori Deskriptif dan Preskriptif dalam Penguasaan Bahasa Arab di SDIT Vinca Rosea Tahfizh Internasional. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 9(2). https://doi.org/10.14421/almahara
Ridwan, E. H. (2023). Bahasa Arab dan Urgensinya Mempelajari al-Qur’an. ALMAHEER: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 01.
Riyanti, A. (2020). Teori Belajar Bahasa. Tidar Media.
Sya’bani, M. Z., & Azizah, Q. (2023). Relevansi Bahasa Arab dalam Dakwah: Refleksi atas kedudukan bahasa arab sebagai bahasa Al-Quran (Tinjauan Literatur). Ath-Thariq; Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 07(01).
الغلاييني، مصطفى. (2010). جامع الدروس العربية. مؤسسة الرسالة .
نعمة, ف. (n.d.). ملخص قواعد اللغة العربية. دار الثقافة الإسلامية.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ulfi Hayati, Muhammad Ediyani, Husaini

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.