Sosialisasi Ilmu Pengetahuan tentang Peran Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran Daring

Penulis

  • Nurmalina Nurmalina IAIN Takengon
  • Yunie Amalia Rakhmyta IAIN Takengon

DOI:

https://doi.org/10.56921/cpkm.v1i3.26

Kata Kunci:

Sosialisasi, Peran Orang Tua, Pembelajaran Daring

Abstrak

Pembelajaran daring merupakan salah satu kebijakan pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. Metode yang dilaksanakan pada pengabdian ini ialah metode ceramah, discussion dan tanya jawab dengan peserta pelatihan yaitu masyarakat yang mempunyai anak usia sekolah Gampong Cok Bak’U Kota Sabang. Peran orang tua dalam pembelajaran daring antara lain: 1) Mendampingi peserta didik dalam setiap proses belajar daring, 2) Memfasilitasi peserta didik dalam melakukan berbagai kegiatan pembelajaran, 3) Memotivasi peserta didik agar mereka tetap merasa senang, gembira, serta menyelesaikan kegiatan-kegiatan pembelajaran dengan baik. Strategi dalam mendidik anak di rumah antara lain 1. Buatkan jadwal kegiatan yang dilakukan secara rutin di rumah; 2. Gunakan fasilitas daring di rumah; 3. Bersikap fleksibel ketika anak mengalami kejenuhan/ kebosanan di rumah; 4. Kreatif dan inovatif mencari kegiatan bersama dengan anggota keluarga; 5. Ajak anak berolah raga; 6. Jelaskan bahwa masa Covid-19 ini hanya sementara; 7. Buat anak gembira dalam melakukan aktivitas. Kendala yang dihadapi orang tua dalam pembelajaran daring berupa: 1. Pemahaman orang tua akan materi pelajaran anak kurang; 2. Waktu untuk mendampingi anak; 3. Tidak terjangkaunya jaringan internet di daerah tempat tinggal; 4. Keterbatasan kuota internet; 5. Kurang memahami penggunaan teknologi.

Referensi

Kependidikan, D. J. G. dan T. (2020). Kebijakan Kemendikbud di Masa Pandemi. https://Gtk.Kemdikbud.Go.Id/. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/kebijakan-kemendikbud-di-masa-pandemi

Mulyana, Jejen Musfah, saimroh at al. (2020). Buku Pembelajaran Jarak Jauh Era Covid 19 e-book Rilla (J. Musfah (ed.)). LITBANGDIKLAT PRESS. http://repository.upi-yai.ac.id/3048/1/Buku Pembelajaran Jarak Jauh Era Covid 19 e-book Rilla.pdf

Nurhasanah. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 pada Kelompok B.5 TK Kemala Bhayangkari Bone. Educhild, 2(2), 58–67. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/nsv42

Pemerintah Republik Indonesia. (2020). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar. Website, 2019, 1–5.

Retaduari, E. A. (2022, March 2). 2 Maret 2020, Saat Indonesia Pertama Kali Dilanda Covid-19. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2022/03/02/10573841/2-maret-2020-saat-indonesia-pertama-kali-dilanda-covid-19

Teknologi, K. P. K. R. dan. (2020). 7 Agustus 2020: Kemendikbud Terbitkan Kurikulum Darurat pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/7-agustus-2020-kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus/

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Nurmalina, N., & Rakhmyta, Y. A. (2022). Sosialisasi Ilmu Pengetahuan tentang Peran Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran Daring. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 48–56. https://doi.org/10.56921/cpkm.v1i3.26