Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Dakota untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi KPK dan FPB

Penulis

  • Muh. Rais Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Nurjannah Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Andi Baso Kaswar Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.56921/cpkm.v2i2.81

Kata Kunci:

Media Pembelajaran; Dakon Matematika; Matematika

Abstrak

Matematika adalah bagian dari ilmu pengetahuan dan penting dalam kehidupan dan peningkatan ilmu pengetahuan, informasi, dan inovasi. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SD Negeri 83 Aruhu, Desa Lamatti Riaja, Kecamatan Bulupoddo, 23-26 Februari 2022. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode pelatihan. Kegiatan pembelajaran berbasis permainan Dakota di ikuti 38 siswa, yang terdiri dari siswa kelas IV, V, dan VI. Tujuan pengabdian ini adalah menjelaskan penggunaan media pembelajaran Dakota (Dakon Matematika) untuk menarik minat belajar siswa dan mrnghadirkan matematika yang menyenangkan khususnya pada materi KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar). Terdapat tiga tahapan yang dilakukan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. 86% siswa memahami materi matematika yang diajarkan melalui Dakota dan 94% siswa senang belajar matematika. Proses pembelajaran menggunakan Dakota berlangsung dengan lancar dan siswa tertarik menggunakan Dakota sebagai media pembelajaran.

Referensi

Fatahillah, A. M., Mustamir, & Nurjannah. (2021). Keefektifan Aplikasi Macromedia Flash Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kelas X SMKN 1 Sinjai. Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 13(1), 1–6.

Handayani, P., Suarjana, & Yudiana. (2017). Dakota (Dakon Matematika) sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Cacah pada Siswa Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 105(2), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Handhika, J. (2012). Efektivitas media pembelajaran im3 ditinjau dari motivasi belajar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 109–114. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2127

Hatim, M., Hadi, M., & Huda, M. M. (2019). Dakota (Dakon Matematika) Sebagai Media Penanaman Konsep KPK dan FBB di Sekolah Dasar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 43–51. https://doi.org/10.17509/ebj.v1i1.26221

Kurniawan, B. (2017). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC. Vol. 1 No.(Edudeena), 1–8.

Malau, N. (2018). FUN MATH CLASS PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR. Vol. 1 No.(Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidkan).

Mardhiah, A., & Ali Akbar, S. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Sma Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 49. https://doi.org/10.22373/lj.v6i1.3173

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Muslihatun, A., Cahyaningtyas, L., Narendra, R., & Hasaleh, L. (2019). PEMANFAATAN PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN : CONGKLAK BILANGAN SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA Pendahuluan. 15(1), 14–22.

Mutahharah, A., Dewi, D., Nurfadhilah, N., & Nurjannah, N. (2022). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Limit Fungsi Aljabar Kelas Xi Mipa 2 Upt Sma Negeri 1 Sinjai. ELIPS: Jurnal …, 3(September), 1–9. http://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS/article/view/531%0Ahttp://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS/article/download/531/332

Nailul R.R, C., Sholehah, H., Nurmahilawati, D., Mulyati, N. F. I. S., & Imron, F. (2022). Meningkatkan Profesionalisme Guru dengan PTK. JurnalPadegogik, 5(2), 1–2.

Nurjannah, N., Heriyanti, A., & Kaswar, A. B. (2022). Development of Moodle ’ s E-Learning as a Media in Mathematical Problem-Solving. 6(2), 223–234.

Octaviani, W. (2021). Permainan Dakon Sebagai Media Pembelajaran Baris dan Deret ( Dakon Baret ). 1, 53–60.

Purwasih, S. maya. (2020). Pemanfaatan Dakota dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi FPB dan KPK.

Rahmawati, F. (2020). The Influence of Dakota Media and Activeness on Student Achievement in. 2(2).

Santoso. (2010). No Title. Skema Dan Mekanisme Pelatihan: Panduan Penyelenggaraan Pelatihan.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2023

Cara Mengutip

Rais, M., Nurjannah, & Kaswar, A. B. (2023). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Dakota untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi KPK dan FPB . Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 19–25. https://doi.org/10.56921/cpkm.v2i2.81