Pendampingan Masyarakat Sekolah dalam Meningkatkan Kesadaran Menjaga Kebersihan Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i1.166Kata Kunci:
Pendampingan masyarakat, lingkungan sekolah, kesadaran akan kebersihanAbstrak
Lingkungan hidup yang bersih dan sehat merupakan sesuatu yang harus dirintis demi kelangsungan hidup generasi penerus agar tidak terancam akibat perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab. Kegiatan pendampingan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan serta kurangnya fasilitas kebersihan di MTs MIM Langsa. Prosedur kegiatan pendampingan ini dilaksanakan melalui 3 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi, yang diawali dengan observasi lapangan ke sekolah sasaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis potensi ini berbentuk penyuluhan/sosialisasi dan pendampingan tentang kebersihan lingkungan sekolah. Kegiatan sosialisasi dengan sasaran pengurus OSIM MTs MIM Langsa sebagai role model, diharapkan mampu memotivasi siswa-siswi lain untuk selalu menjaga kebersihan sekolah. Sementara itu, kegiatan lain berupa melukis tong sampah dan penempelan poster-poster bertema kebersihan lingkungan. Pengadaan fasilitas kebersihan berupa tong sampah di beberapa tempat di lingkungan sekolah ini mendapatkan respon dan dukungan positif dari warga sekolah, salah satunya dibuktikan dengan siswa-siswi yang tertib menjalankan piket kelas dan tidak membuang sampah sembarangan.
Referensi
Afandi, A. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama.
Harvianto, M. T. (2022). Perilaku Sosial Masyarakat dalam Upaya Menciptakan Kebersihan Lingkungan Bantaran sungai Kali Pepe Kota Surakarta. Journal of Development and Social Change, 5(2), 32–47.
humas FKU. (2021). Observasi atau Observasi Partisipasi dalam Penelitian. Universitas Gadjah Mada. https://fkkmk.ugm.ac.id/observasi-atau-observasi-partisipasi-dalam-penelitian/
Moridu, I., Purwanti, A., Melinda, M., Sidik, R. F., & Asfahani, A. (2023). Edukasi Keberlanjutan Lingkungan Melalui Program Komunitas Hijau Untuk Menginspirasi Aksi Bersama. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7121–7128.
Ni’mah, U. (2016). Manajemen Madrasah Berbasis Nilai Pesantren Di Mts Al-Islam Joresan. Muslim Heritage, 1(2), 243–262.
Nurlaeli, R. A., Han, S. U., Nurmasyanti, L. D., & Sohim, B. (2023). Kegiatan Melukis Tong Sampah Dan Edukasi Lingkungan Pada Siswa Kelas V Sdn Sanca 1. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3), 39–40.
Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., ... & Sinthania, D. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka.
Raga, S. H. P. (2019). Evaluasi Tempat Penampungan Sampah Sementara Di Kecamatan Rappocini. (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Rando, A. R., Pali, A., Dole, F. B., & Wali, M. (2022). Edukasi Kesadaran Menjaga Lingkungan Bersih di Sekolah Dasar Inpres Ende 14. Jurnal Literasi: Pendidikan Dan Humaniora, 7(2).
Safitri, R, R., Winda., Alfandi, J, M., Ambarawati, M., Astuti, E, S., & Aris, T, M. (2022). Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Lingkungan Hidup Yang Bersih & Sehat. Anfatama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6.
Syaefudin Sa’ud, A. S. M. (2005). Perencanaan Pendidikan, Suatu Pendekatan Komprehensif. PT Remaja Rosdakarya.
Syaiful, S., Taufikfajar, A., & Pramesti, L. A. (2021). Pemberdayaan Masyarakat sebagai Kampung Tematik Desa Gunung Malang Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor. PKM Maju UDA, 2(1), 62–75.
Yuliani, W., Husin, A., & Saputra, A. (2023). Kesadaran Masyarakat dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Taman Kambang Iwak di Kota Palembang. AKSARA: JurnalIlmuPendidikanNonformal, 9(2), 1111.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Zahratul Idami, Sirriyatur Rifa'ah, Rizka Muntiza, Alya Navisa A, Vina Nurisa, Fitria Ramadani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.