Konsolidasi Masyarakat dengan Kesalehan Beragama, Pemberdayaan Ekonomi dan Pendidikan Pedesaan
DOI:
https://doi.org/10.56921/cpkm.v1i3.25Kata Kunci:
Kelembagaan, Kesalehan Beragama, Pemberdayaan Ekonomi, PendidikanAbstrak
Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan wahana penerapan serta pengembangan ilmu yang dilaksanakan di luar kampus dalam waktu, mekanisme kerja, dan persyaratan tertentu. Dilaksanakan oleh perguruan tinggi, merupakan upaya meningkatkan isi dan bobot pendidikan bagi mahasiswa dan untuk mendapatkan nilai tambah yang lebih besar pada pendidikan tinggi. Dengan pelaksanaan KKN ini di harapkan dapat mengembangkan kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian mahasiswa. Tujuan dalam pengabdian ini adalah untuk menguatkan kesalehan beragama masyarakat, mengembangkan pusat kegiatan belajar masyarakat, membantu meningkatkan perekonomian masyarakat pedesaan serta menguatkan kelembagaan pedesaan. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu metode service learning dan metode ABCD (Asset – Based Community Development). Adapun hasil pengabdian mahasiswa KKN adalah dapat menerapkan program yang telah di berikan oleh kampus di antaranya, penguatan kesalehan beragama masyarakat meliputi pengajaran/pendampingan TPA, Ta’lim setelah shalat subuh bersama jama’ah musholla al-Fajri, Tarhib Ramadhan, Kegiatan tarhib ramadhan, Pembagian Ta’jil, Fun in Ramadhan Perlombaan Kec Bandar, Wirid ibu-ibu, Safari Ramadhan, Galang dana musholla al-Fajri. Inisiasi pembentukan pusat belajar masyarakat (PKBM) meliputi seminar motivasi dan bimbingan belajar anak-anak. Pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan meliputi kursus menjahit dan budidaya jamur tiram dan penguatan lembaga pedesaan meliputi rumah baca.
Referensi
Effendi, I. (2007). Pemberdayaan Masyarakat Desa. Lampung: Suluh Media.
Nurcholis, H. (2011). Pertumbuhan & penyelenggaraan pemerintahan desa. Erlangga.
Kompas. (2020). Seminar: Pengertian Tujuan, Syarat, Ciri, Fungsi dan Unsur. https://www.kompas.com/skola/read/2020/12/29/221027369/seminar-pengertian-tujuan-syarat-ciri-fungsi-dan-unsur?page=all
Muhtarom, A. (2019). Participation Action Research dalam Membangun Kesadaran Pendidikan Anak di Lingkungan Perkampungan Transisi Kota. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 18(2), 259–278.
Suhana, C., & Hanafiah, N. (2014). Konsep strategi pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama, 5(4), 3.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Husrin Konadi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.












