Penguatan Mitigasi Bencana melalui Board Game Edukatif bagi Mahasiswa Semester Satu Universitas Syiah Kuala

Penulis

  • Nurul Kamaly Universitas Syiah Kuala
  • Mohd Dzakhi Ry Universitas Syiah Kuala
  • Elsa Manora Universitas Syiah Kuala
  • Helmi Helmi Universitas Syiah Kuala
  • Maghfira Faraidiany Universitas Syiah Kuala
  • Afrijal Afrijal Universitas Syiah Kuala

DOI:

https://doi.org/10.56921/cpkm.v4i2.301

Kata Kunci:

Board Game, Edukasi, Mitigasi Bencana

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada peningkatan literasi kebencanaan di kalangan mahasiswa semester satu dengan memanfaatkan permainan board game sebagai sarana edukatif. Isu utama yang diangkat adalah kurangnya pemahaman mahasiswa tentang mitigasi bencana dan minimnya keterlibatan aktif mereka dalam kegiatan edukatif. Melalui pendekatan community development, kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga tahap: observasi dan perencanaan, pelaksanaan permainan edukatif, dan evaluasi menggunakan kuesioner. Sebanyak 10 mahasiswa Universitas Syiah Kuala terlibat dalam kegiatan ini. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 80% peserta menyatakan bahwa permainan ini sangat mudah dipahami, sementara 70% peserta menilai bahwa tampilan permainan ini menarik. Hasil ini mengindikasikan bahwa board game merupakan media yang efektif untuk menyampaikan informasi kebencanaan secara interaktif dan menyenangkan. Dengan demikian, pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran kolektif dan mendorong partisipasi aktif mahasiswa dalam pengurangan risiko bencana.

Referensi

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2024). Data Bencana Indonesia 2024. Sistem Informasi Bencana Indonesia (DIBI). https://dibi.bnpb.go.id/

Hakim, F. A., Banjarnahor, J., Purwanto, R. S., Rahmat, H. K., & Widana, I. D. K. K. (2020). Pengelolaan obyek pariwisata menghadapi potensi bencana di Balikpapan sebagai penyangga ibukota negara baru. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(3), 607–612. https://doi.org/10.31604/jips.v7i3.2020.607-612

Lestari, A. R., & Hadi, S. P. (2021). Efektivitas media komunikasi risiko dalam edukasi kebencanaan kepada masyarakat rentan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(2), 123–135. https://doi.org/10.24002/jik.v19i2.4567

Najib, A., & Rahmat, H. K. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Desa Tanggu Bencana di Desa Buluh Cina, Siak Hulu, Kampar, Riau. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 5(1), 14–23.

Rahmat, H. K., Hasrian, H., & Bimantara, M. A. (2023). Membangun Kesiapsiagaan Bencana pada Siswa Melalui BLU-DISCARE sebagai Inovasi Pendidikan Kebencanaan di Sekolah Guna Mewujudkan Generasi Tangguh Bencana. Jagratara: Journal of Disaster Research, 1(2), 49–58. https://doi.org/10.35719/ijdr.v1i2.120

Rahmat, H. K., Widana, I. D. K. K., Basri, A. S. H., & Musyrifin, Z. (2021). Analysis of Potential Disaster in The New Capital of Indonesia and its Mitigation Efforts: A Qualitative Approach. Disaster Advances, 14(3), 40–43.

Rohmah, N., & Raharjo, T. J. (2021). Peran komunikasi dalam pendidikan mitigasi bencana: Studi pada masyarakat lereng Merapi. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan, 5(1), 45–54.

Suswanto, B., Handoko, W., & Sabiq, A. (2013). Model community development sebagai strategi pemberdayaan berbasis kearifan lokal. JRP (Jurnal Review Politik), 3(2), 298-312.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2025

Cara Mengutip

Kamaly, N., Dzakhi Ry, M., Manora, E., Helmi, H., Faraidiany, M., & Afrijal, A. (2025). Penguatan Mitigasi Bencana melalui Board Game Edukatif bagi Mahasiswa Semester Satu Universitas Syiah Kuala. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1–7. https://doi.org/10.56921/cpkm.v4i2.301