Penguatan Mitigasi Bencana melalui Board Game Edukatif bagi Mahasiswa Semester Satu Universitas Syiah Kuala
DOI:
https://doi.org/10.56921/cpkm.v4i2.301Kata Kunci:
Board Game, Edukasi, Mitigasi BencanaAbstrak
Pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada peningkatan literasi kebencanaan di kalangan mahasiswa semester satu dengan memanfaatkan permainan board game sebagai sarana edukatif. Isu utama yang diangkat adalah kurangnya pemahaman mahasiswa tentang mitigasi bencana dan minimnya keterlibatan aktif mereka dalam kegiatan edukatif. Melalui pendekatan community development, kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga tahap: observasi dan perencanaan, pelaksanaan permainan edukatif, dan evaluasi menggunakan kuesioner. Sebanyak 10 mahasiswa Universitas Syiah Kuala terlibat dalam kegiatan ini. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 80% peserta menyatakan bahwa permainan ini sangat mudah dipahami, sementara 70% peserta menilai bahwa tampilan permainan ini menarik. Hasil ini mengindikasikan bahwa board game merupakan media yang efektif untuk menyampaikan informasi kebencanaan secara interaktif dan menyenangkan. Dengan demikian, pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran kolektif dan mendorong partisipasi aktif mahasiswa dalam pengurangan risiko bencana.
Referensi
Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2024). Data Bencana Indonesia 2024. Sistem Informasi Bencana Indonesia (DIBI). https://dibi.bnpb.go.id/
Hakim, F. A., Banjarnahor, J., Purwanto, R. S., Rahmat, H. K., & Widana, I. D. K. K. (2020). Pengelolaan obyek pariwisata menghadapi potensi bencana di Balikpapan sebagai penyangga ibukota negara baru. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(3), 607–612. https://doi.org/10.31604/jips.v7i3.2020.607-612
Lestari, A. R., & Hadi, S. P. (2021). Efektivitas media komunikasi risiko dalam edukasi kebencanaan kepada masyarakat rentan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(2), 123–135. https://doi.org/10.24002/jik.v19i2.4567
Najib, A., & Rahmat, H. K. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Desa Tanggu Bencana di Desa Buluh Cina, Siak Hulu, Kampar, Riau. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 5(1), 14–23.
Rahmat, H. K., Hasrian, H., & Bimantara, M. A. (2023). Membangun Kesiapsiagaan Bencana pada Siswa Melalui BLU-DISCARE sebagai Inovasi Pendidikan Kebencanaan di Sekolah Guna Mewujudkan Generasi Tangguh Bencana. Jagratara: Journal of Disaster Research, 1(2), 49–58. https://doi.org/10.35719/ijdr.v1i2.120
Rahmat, H. K., Widana, I. D. K. K., Basri, A. S. H., & Musyrifin, Z. (2021). Analysis of Potential Disaster in The New Capital of Indonesia and its Mitigation Efforts: A Qualitative Approach. Disaster Advances, 14(3), 40–43.
Rohmah, N., & Raharjo, T. J. (2021). Peran komunikasi dalam pendidikan mitigasi bencana: Studi pada masyarakat lereng Merapi. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan, 5(1), 45–54.
Suswanto, B., Handoko, W., & Sabiq, A. (2013). Model community development sebagai strategi pemberdayaan berbasis kearifan lokal. JRP (Jurnal Review Politik), 3(2), 298-312.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nurul Kamaly, Mohd Dzakhi Ry, Elsa Manora, Maghfira Faraidiany, Afrijal Afrijal

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.