Integrasi Kurikulum Literasi Digital pada Sekolah Alam: Generasi Alpha Tanggap Cyberbulliying dalam Penggunaan Teknologi
DOI:
https://doi.org/10.56921/cpkm.v4i2.325Kata Kunci:
Literasi digital, Cyberbullying, Integrasi kurikulumAbstrak
Penggunaan perangkat digital kini umum di sekolah dasar dan memberikan banyak manfaat untuk pembelajaran. Namun, kondisi tersebut juga menimbulkan permasalahan baru, yaitu cyberbullying yang menjadi risiko serius bagi anak-anak. Proyek pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa Sekolah Alam Bireuen mengenai konsep cyberbullying, meliputi pengertian, dampak negatif, serta strategi pencegahannya. Kegiatan ini dilaksanakan bersama 20 siswa kelas V dan VI. Pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode Service Learning, pengabdian ini melibatkan siswa dalam diskusi dan bermain peran (roleplay), sehingga mereka memahami peran-peran dalam situasi cyberbullying yaitu korban, pelaku, dan saksi. Pemahaman siswa meningkat secara signifikan dan mereka berikrar menjadi "Pahlawan Digital" yang menggunakan teknologi dengan bijak dan penuh empati. Kegiatan ini membuktikan bahwa mengajarkan keamanan berinternet secara langsung kepada anak-anak merupakan bagian yang perlu dan efektif dalam pendidikan masa kini.
Referensi
Adawiah, R. Al, & Eleanora, F. N. (2023). Perundungan Dunia Maya pada Anak: Tinjauan Fenomena dan Tren dalam Rentang 2016–2020. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 14(1). https://doi.org/10.46807/aspirasi.v14i1.3065
Afif, N., Mukhtarom, A., Nur Qowim, A., & Fauziah, E. (2024). Pendidikan Karakter Dalam Era Digital: Pengintegrasian Nilai-Nilai Moral Dalam Kurikulum Berbasis Teknologi. Tadarus Tarbawy, 6(1), 18–32.
Arifin, M. B. U., & Marnah. (2023). Intensity Analysis of Gadget Use on Learning Disciplines of Elementary School Age Children. Didaktika: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(2), 133–144.
Bibizadeh, R. E., Procter, R., Girvan, C., Webb, H., & Jirotka, M. (2025). Digitally Un/Free: the everyday impact of social media on the lives of young people. Learning, Media and Technology, 50(2), 205–218. https://doi.org/10.1080/17439884.2023.2237883
Contrino, M. F., Reyes-Millán, M., Vázquez-Villegas, P., & Membrillo-Hernández, J. (2024). Using an adaptive learning tool to improve student performance and satisfaction in online and face-to-face education for a more personalized approach. Smart Learning Environments, 11(1), 1–24. https://doi.org/10.1186/S40561-024-00292-Y/FIGURES/7
Dontre, A. J. (2021). The influence of technology on academic distraction: A review. Human Behavior and Emerging Technologies, 3(3), 379–390. https://doi.org/10.1002/HBE2.229
Gohal, G., Alqassim, A., Eltyeb, E., Rayyani, A., Hakami, B., Al Faqih, A., Hakami, A., Qadri, A., & Mahfouz, M. (2023). Prevalence and related risks of cyberbullying and its effects on adolescent. BMC Psychiatry, 23(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/S12888-023-04542-0/TABLES/5
Macaulay, P. J. R., Betts, L. R., Stiller, J., & Kellezi, B. (2022). Bystander responses to cyberbullying: The role of perceived severity, publicity, anonymity, type of cyberbullying, and victim response. Computers in Human Behavior, 131. https://doi.org/10.1016/J.CHB.2022.107238
Maurya, C., Muhammad, T., Dhillon, P., & Maurya, P. (2022). The effects of cyberbullying victimization on depression and suicidal ideation among adolescents and young adults: a three year cohort study from India. BMC Psychiatry, 22(1), 1–14. https://doi.org/10.1186/S12888-022-04238-X/TABLES/4
Mrug, S., Madan, A., & Windle, M. (2016). Emotional Desensitization to Violence Contributes to Adolescents’ Violent Behavior. Journal of Abnormal Child Psychology, 44(1), 75–86. https://doi.org/10.1007/S10802-015-9986-X/METRICS
Muppalla, S. K., Vuppalapati, S., Pulliahgaru, A. R., & Sreenivasulu, H. (2023). Effects of Excessive Screen Time on Child Development: An Updated Review and Strategies for Management. Cureus, 15(6). https://doi.org/10.7759/CUREUS.40608
Peng, H., Ma, S., & Spector, J. M. (2019). Personalized adaptive learning: an emerging pedagogical approach enabled by a smart learning environment. Smart Learning Environments 2019 6:1, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.1186/S40561-019-0089-Y
Perkasa, S. (2025, August 7). Tak Cuma Roblox, Ini Daftar Game ’Terlarang’ di Indonesia. Metrotvnews. https://www.metrotvnews.com/read/KYVC4q7j-tak-cuma-roblox-ini-daftar-game-terlarang-di-indonesia
Reswari, P. A. D., & Susiana, S. (2025). Pelindungan Anak dari Ancaman Kekerasan Di Dunia Digital. https://berkas.dpr.go.id/pusaka/files/info_singkat/Info Singkat-XVII-4-II-P3DI-Februari-2025-2480.pdf
Tarabah, A., Badr, L. K., Usta, J., & Doyle, J. (2016). Exposure to Violence and Children’s Desensitization Attitudes in Lebanon. Journal of Interpersonal Violence, 31(18), 3017–3038. https://doi.org/10.1177/0886260515584337;Subpage:String:Abstract;Website:Website:Sage;Wgroup:String:Publication
Warschauer, M., & Xu, Y. (2018). Technology and Equity in Education. In J. Voogt (Ed.), Second Handbook of Information Technology in Primary and Secondary Education (1st ed., pp. 1–17). Springer Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-319-53803-7_76-1
Wright, M. F. (2023). Adolescent Cyberbullies’ Attributions: Longitudinal Linkages to Cyberbullying Perpetration. International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(12). https://doi.org/10.3390/IJERPH20126083
Zhu, C., Huang, S., Evans, R., & Zhang, W. (2021). Cyberbullying Among Adolescents and Children: A Comprehensive Review of the Global Situation, Risk Factors, and Preventive Measures. Frontiers in Public Health, 9. https://doi.org/10.3389/FPUBH.2021.634909/BIBTEX
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rahima Nurviani, Nurasiah Nurasiah, Luh Ayu Auranisa, Rahmy Zulmaulida

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.