Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Menggunakan Model Talking Stick Berbantuan Video Pembelajaran

Penulis

  • Siti Hasanah Universitas Almuslim
  • Rahmi Wahyuni Universitas Almuslim
  • Novianti Novianti Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.56921/jumper.v2i1.63

Kata Kunci:

Talking Stick, Kemampuan pemecahan masalah, Video Pembelajaran

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui peningkatan  kemampuan pemecahan masalah  menggunakan metode pembelajaran Talking Stick dengan berbantuan video pembelajaran pada materi sistem persamaan linear dua variable pada kelas VIII MTs Swasta Pandrah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII MTsS Pandrah yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 26 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIA yang berjumlah 13 siswa, VIIIB yang berjumlah 13 siswa, Kelas VIII A menjadi kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan pembelajaran Talking Stick dan kelas VIIIB menjadi kelas kontrol yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data berbentuk tes dan observasi. Teknik analisis data pengujian uji t. Hasil analisis diperoleh ttabel dengan taraf signifikansi 5% dimana thitung < ttabel 0,000 < 0,05 atau ha diterima serta ho ditolak.  Nilai rata-rata pada Uji N-gain score untuk kelas eksperimen adalah sebesar  63,92% termasuk dalam Kriteria Cukup Efektif    dan  nilai rata-rata pada uji N-gain kelas control  adalah 24,21% termasuk pada kriteria tidak efektif. Dapat diartikan bahwa peningkatan  kemampuan pemecahan masalah  menggunakan metode pembelajaran Talking Stick  lebih baik daripada yang diajarkan melalui pembelajaran konvensional dengan berbantuan video pembelajaran pada materi sistem persamaan linear dua variabel pada kelas VIII MTs Swasta Pandrah.

Unduhan

Diterbitkan

31-01-2023

Cara Mengutip

Hasanah, S., Wahyuni, R., & Novianti, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Menggunakan Model Talking Stick Berbantuan Video Pembelajaran. Jumper: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 2(1), 86–96. https://doi.org/10.56921/jumper.v2i1.63