Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Menggunakan Model Talking Stick Berbantuan Video Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.56921/jumper.v2i1.63Kata Kunci:
Talking Stick, Kemampuan pemecahan masalah, Video PembelajaranAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah menggunakan metode pembelajaran Talking Stick dengan berbantuan video pembelajaran pada materi sistem persamaan linear dua variable pada kelas VIII MTs Swasta Pandrah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII MTsS Pandrah yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 26 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIA yang berjumlah 13 siswa, VIIIB yang berjumlah 13 siswa, Kelas VIII A menjadi kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan pembelajaran Talking Stick dan kelas VIIIB menjadi kelas kontrol yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data berbentuk tes dan observasi. Teknik analisis data pengujian uji t. Hasil analisis diperoleh ttabel dengan taraf signifikansi 5% dimana thitung < ttabel 0,000 < 0,05 atau ha diterima serta ho ditolak. Nilai rata-rata pada Uji N-gain score untuk kelas eksperimen adalah sebesar 63,92% termasuk dalam Kriteria Cukup Efektif dan nilai rata-rata pada uji N-gain kelas control adalah 24,21% termasuk pada kriteria tidak efektif. Dapat diartikan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah menggunakan metode pembelajaran Talking Stick lebih baik daripada yang diajarkan melalui pembelajaran konvensional dengan berbantuan video pembelajaran pada materi sistem persamaan linear dua variabel pada kelas VIII MTs Swasta Pandrah.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rahmi Wahyuni

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










