Pelatihan Teknik Dasar Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru SMK

Penulis

  • Erdawati Nurdin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Depi Fitraini Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Hayatun Nufus Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Hasanuddin Hasanuddin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.56921/cpkm.v4i2.309

Kata Kunci:

Pelatihan, Teknik Dasar, Penulisan, Artikel Ilmiah

Abstrak

Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilaksanakan sebagai respon terhadap keterbatasan pengetahuan guru mengenai penulisan karya ilmiah, padahal karya ilmiah merupakan komponen strategis dalam mendukung pengembangan profesionalisme guru. Pengabdian ini bertujuan untuk mebekali guru MGMP matematika SMK di Kabupaten Indragiri Hilir dengan pemahaman prinsip dasar penulisan artikel ilmiah, keterampilan teknis, serta strategi publikasi artikel ilmiah berbasis hasil penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengabdian yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Participatory Action Research (PAR). Pelaksanaan kegiatan menunjukkan respons positif dari peserta, antusiasme yang tinggi, serta keterlibatan aktif guru dalam proses pelatihan. Meskipun demikian, diperlukan pendampingan lanjutan agar keterampilan penulisan artikel dapat berlanjut hingga tahap publikasi.

Referensi

Aryani, A. (2024). Identifikasi Kesulitan Guru Dalam Menyusun Publikasi Ilmiah. Prosiding PITNAS Widyaiswara, 1, 507–516.

Asmara, R., & Kusumaningrum, W. R. (2020). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Remaja Berstandar LKIR LIPI bagi Guru dan Siswa SMA Islam Terpadu Ihsanul Fikri Kabupaten Magelang. Widya Laksana, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jwl.v9i1.21760

Dwijayanti, R., Marlena, N., & Patrikha, F. D. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bagi Guru-guru SMK di Kabupaten Jombang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 249–266. https://doi.org/10.21009/JPMM.001.1

Efferi, A. (2017). Peran PTAI dan Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik. QUALITY, 1(2), Article 2. http://dx.doi.org/10.21043/quality.v1i2.216

Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.17977/um050v1i2p128-135

Ihsan, M., Mutakhir, M., Irsal, M., Rudi, R., & Ismail, I. (2023). Pelatihan Penulisan Artikel Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Minat Literasi Guru. Madaniya, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.53696/27214834.541

Kantun, S., Sedyati, R. N., Sholekhah, I., Widayani, A., & Mulyaningsih, W. (2023). Optimalisasi Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru SMA/SMK. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(1), 113–117. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.12920

Lubis, S. S. W. (2017). Keterampilan Menulis Essai dalam Pembentukan Berpikir Kritis Mahasiswa Prodi PGMI UIN Ar-raniry Banda Aceh. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.22373/pjp.v6i2.3338

Mawardi, M., Kristin, F., Anugraheni, I., & Rahayu, T. S. (2019). Penerapan Pelatihan Partisipatif Pada Kegiatan Penulisan Dan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p132-137

Putra, W. (2024). Analisis Kebijakan Karir Tenaga Pendidik. EL-Hadhary: Jurnal Penelitian Pendidikan Multidisiplin, 2(02), Article 02. https://doi.org/10.61693/elhadhary.vol202.2024.67-80

Rahman, F. R., Agustina, I. O., Fauziah, I. N. N., & Saputri, S. A. (2022). Pentingnya Keterampilan Dasar Mengajar untuk menjadi Guru Profesional Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13265–13274. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10764

Ridwan, M., Am, S., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42. https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427

Santoso, B. W. J., Nugroho, Y., & Parapat, D. O. A. (2020). Pendidikan dan Pelatihan Penulisan Best Practice untuk Meraih Predikat Guru Berprestasi bagi Guru SMA Negeri 1 Semarang dengan Metode Special Projects Assignments. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/panjar.v2i2.43237

Widiana, I. W., Tristiantari, N. K. D., Rediani, N. N., Yudiana, K. E., & Sari, N. M. D. V. S. (2022). Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.52117

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2025

Cara Mengutip

Nurdin, E., Fitraini, D., Nufus, H., & Hasanuddin, H. (2025). Pelatihan Teknik Dasar Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru SMK. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 40–49. https://doi.org/10.56921/cpkm.v4i2.309